Berita

    Featured Image

    Simak Cara Derek Mobil Matic yang Aman

    Cara derek mobil matic merupakan hal yang perlu Anda ketahui. Mobil matic memiliki komponen transmisi yang berbeda dari mobil manual. Jika terjadi kendala dan harus diderek, caranya pun berbeda.

    Mungkin masih banyak orang yang menyamakan penanganan untuk mobil manual dan matic, padahal kedua jenis mobil tersebut memiliki berbagai perbedaan. Menderek secara salah dapat berdampak buruk bagi mobil Anda. Jadi, jangan lakukan secara sembarangan.

    Cara Derek Mobil Matic

    Jika mobil matic mogok atau memiliki kendala lain sehingga harus diderek, Anda harus mengerti betul bagaimana caranya. Berikut merupakan cara untuk menderek mobil jenis matic secara tepat:

    • Pahami bahwa Mobil Matic Berbeda dengan Mobil Manual

    Seperti yang sudah disinggung di awal, mobil matic (mobil dengan transmisi otomatis) memiliki perbedaan dengan mobil manual.

    Inilah hal pertama yang perlu Anda pahami sehingga dapat memberikan perlakuan yang tepat, termasuk jika harus menderek mobil.

    Untuk mendukung kerja transmisinya, mobil matic membutuhkan sirkulasi pelumas. Pompa hidrolik yang menyalurkan oli di dalam mobil matic hanya dapat berfungsi ketika mesin menyala.

    Pada saat mobil mati atau mogok, pompa tersebut tidak berfungsi. Hal ini berbeda dengan mobil manual yang pelumasnya menggunakan model gigi.

    Dengan demikian, ketika mesin mobil matic berada dalam keadaan mati, seharusnya roda tak boleh dipaksa untuk berputar. Penting untuk mengetahui hal tersebut sebelum menderek mobil jenis matic.

    • Jangan Dorong Mobil

    Di bagian sebelumnya telah dijelaskan perbedaan penting antara mobil matic dan mobil manual. Roda dari mobil matic tak boleh dipaksa untuk bergerak pada saat mobil mati.

    Berbeda dengan mobil manual yang dapat Anda dorong ketika mogok, mobil matic tidak demikian. Anda tidak boleh mendorong atau memaksa pergerakan roda pada mobil matic.

    Mobil matic tidak akan bergerak meski Anda dorong. Mendorongnya hanya menjadi pekerjaan yang sia-sia. Selain itu, paksaan atau dorongan tersebut juga berpotensi untuk merusak transmisi mobil.

    Jadi, bagaimana cara mengatasi mobil matic yang mogok? Anda harus menderek mobil tersebut.

    • Atur ke Posisi Netral

    Sebelum menderek mobil, Anda perlu memastikan bahwa mobil berada dalam posisi netral.  Posisi tuas transmisi harus dalam posisi N atau netral.