Berita

    Featured Image

    Rangkaian Lampu Kepala Mobil: Komponen, Cara Kerja dan Kerusakan

    Setiap lampu yang ada pada mobil pasti memiliki rangkaiannya tersendiri, tak terkecuali lampu kepala. Rangkaian lampu kepala mobil ialah sebuah rangkaian sistem kelistrikan yang mengatur aliran arus listrik untuk komponen lampu dekat dan lampu jauh pada mobil.

    Sama seperti fungsi lampu lainnya pada mobil, lampu kepala ini memiliki guna yang dapat dimanfaatkan sebagai penanda maupun sebagai penerangan ketika malam atau cuaca yang gelap.

    Pada artikel ini akan dibahas mengenai rangkaian lampu kepala pada mobil mulai dari komponen, cara kerja, hingga bagaimana caranya mendeteksi kerusakan. Lebih lengkapnya simak pembahasan berikut!

    Komponen Rangkaian Lampu Kepala Mobil

    Supaya lampu kepala dapat berfungsi dengan maksimal, tentunya lampu ini memiliki komponen-komponen penyusunnya yang yang terhubung antara satu dengan lainnya. Nah, apa saja komponen yang menjadi bagian dari lampu kepala ini?

    • Aki

    Memiliki fungsi sebagai satu-satunya komponen yang menyalurkan energi listrik, sudah pasti bahwa aki atau baterai ini menjadi bagian dari rangkaian pada sebuah lampu kepala.

    Aki yang tersambung pada rangkaian tentunya akan memberikan arus listrik dan membuat rangkaian lampu kepala ini dapat bekerja.

    • Harness

    Yang berikutnya menjadi bagian dari rangkaian lampu kepala mobil yaitu harness. Dikenal juga dengan wiring, komponen ini merupakan sebuah susunan kabel penghantar yang membentuk rangkaian dari lampu kepala ini.

    Fungsi dari komponen rangkaian kabel ini yaitu untuk menghubungkan komponen yang satu dengan komponen yang lain.

    • Sekering

    Selanjutnya ada komponen sekering yang memiliki fungsi sebagai pengaman dari kerusakan yang mungkin saja terjadi, seperti misalnya hubungan arus pendek.

    • Saklar Utama dan Kombinasi

    Dalam sebuah rangkaian kelistrikan lampu, sudah pasti membutuhkan adanya saklar. Pada rangkaian lampu kepala ini terdapat dua saklar, yaitu saklar utama dan saklar kombinasi.

    Saklar utama memiliki fungsi baik untuk menyambungkan maupun memutuskan aliran arus listrik dari aki ke saklar kombinasi.

    Sementara saklar kombinasi yaitu sebuah saklar yang berguna untuk membagi lampu kepala, atau lebih tepatnya memisahkan antara rangkaian lampu jauh maupun lampu dekat. 

    • Relay 

    Sementara relay, komponen ini berguna untuk mengantisipasi kerusakan yang terjadi pada sada saklar kombinasi,

    • Lampu Jauh dan Dekat