Berita

    Featured Image

    Penyebab yang Membuat Jok Mobil Cepat Rusak

    Jok mobil adalah komponen interior yang sangat penting untuk memberikan kenyamanan penumpang dan pengemudi saat berkendara. Maka dari itu, penting untuk mencegah jok mobil rusak dengan tidak melakukan kebiasaan buruk yang fatal.

    Untuk menjaga kualitas interior mobil ini, memang Anda perlu melakukan perawatan ekstra secara rutin. Sebaliknya jika Anda terlalu abai dengan kendaraan, ini bisa menyebabkan jok cepat rusak.

    5 Penyebab Jok Mobil Rusak

    Kondisi jok mobil yang rusak tentu harus segera diatasi agar bisa memberikan pengalaman berkendaraan yang nyaman dan aman bagi penumpang. Sehingga penting sekali untuk mengetahui apa saja penyebab yang membuat jok mobil bisa mengalami kerusakan.

    Kira-kira apa saja yang menyebabkan jok pada mobil bisa rusak? Berikut simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini!

    • Jarang Dibersihkan

    Jok mobil adalah salah satu komponen interior yang harus dijaga kebersihannya baik sebelum maupun setelah kendaraan digunakan. Jika Anda abai dengan kebersihan mobil Anda, tentu bisa membuat tampilan jok mobil terlihat kusam dan berdebu.

    Kondisi jok yang kotor juga bisa menyebabkan penumpukan debu yang berbahaya bagi pernapasan manusia. Tidak hanya mengurangi nilai estetik, jok yang kotor juga bisa membuat sarang bakteri dan virus berkembang di seluruh area kabin mobil.

    • Makan dan Minum

    Apakah Anda cukup sering makan dan minum di mobil? Mulai dari sekarang, sebaiknya hindari kebiasaan buruk ini, ya! Terlebih selesai makan atau minum, Anda membiarkan remah-remah tumpah dan berserakan di sekitar jok mobil.

    Noda Minuman di Jok Mobil

    Bekas makanan dan minuman ini akan mengundang serangga ataupun hama bersarang di sekitar mobil. Di beberapa kasus, tak jarang hama seperti tikus merusak jok mobil akibat penumpukan remah makanan yang tidak dibersihkan setiap waktu.

    • Ceroboh

    Selanjutnya, penyebab jok mobil rusak tidak lain bisa disebabkan karena kecerobohan pengguna mobil itu sendiri. Contohnya seperti meletakkan benda tajam yang berbahaya di sekitar mobil.

    Tentu benda tajam ini bisa berisiko jok mobil terkena goresan, robek, dan rusak. Perbaikan kerusakan ini perlu mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk mengganti kulit jok yang baru.

    • Terlalu Lama Jemur Mobil

    Saat mencuci mobil, menjemur di lahan terbuka seringkali menjadi pilihan agar cepat kering. Namun, kebiasaan satu ini sebenarnya bisa memicu kerusakan yang cukup fatal pada penampilan kendaraan Anda.

    Tidak hanya merusak lapisan cat mobil, terlalu lama menjemur kendaraan juga bisa membuat jok lebih cepat rusak. Hal ini dikarenakan suhu kabin dapat meningkat dan membuat kulit jok perlahan mengelupas.

    • Terkena Tumpahan Alkohol

    Penyebab lainnya yang bisa membuat jok rusak bisa terjadi jika tempat duduk terkena tumpahan cairan yang mengandung alkohol. Hindari membawa kandungan zat kimia yang bisa merusak komponen tertentu pada mobil Anda.

    Oleh karena itu, sebaiknya Anda harus hati-hati saat membawa barang yang memiliki kandungan berbahaya seperti alkohol. Jika memang harus membawa untuk keperluan darurat seperti pengobatan, simpanlah di tempat yang aman dan jauh dari jangkauan anak-anak.

    Oke, itu dia beberapa penyebab yang harus Anda ketahui mengapa jok mobil bisa rusak. Jika sudah mengetahui penyebabnya, segera lakukan penanganan untuk meminimalisir kerusakan yang lebih fatal.