Berita

    Featured Image

    Jenis-Jenis Antena Radio Mobil dan Cara Perawatannya

    Sering melihat benda panjang pada mobil seperti gambar diatas? Benda tersebut adalah antena mobil. Antena mobil tersebut dipasang bukan sebagai hiasan atau aksesoris semata. Antena ini berfungsi untuk menangkap gelombang atau sinyal radio yang disiarkan oleh penyiar radio untuk kita dengarkan di mobil. Antena ini biasanya dipasang di bagian belakang kap mobil atau di atas mobil.

    Ternyata antena mobil memiliki berbagai jenis yang berbeda namun fungsi antena mobil tetap sama. Yuk, kenali berbagai macam jenis antena mobil.

            1. Antena Besi

    Jenis antena ini adalah yang paling sering dipakai di mobil. Biasanya antena ini berbentuk panjang ke atas dengan material besi berukuran kecil yang bisa diatur ukuran panjang dan pendeknya. Meski sering dipakai, antena ini terkadang merepotkan, karena Anda harus mengatur secara manual dengan menarik antena hingga panjang untuk mendapat sinyal yang lebih baik. Dalam kondisi lain, jika antena terlalu panjang bisa tersangkut benda lain seperti pohon, portal jalan, atau kap mobil

            2. Fixed Antenna

    Sesuai dengan namanya, fixed antenna memiliki bentuk fisik yang tidak bisa diubah atau tidak bisa dipanjangkan dan dipendekkan. Biasanya antena ini diletakkan dibagian atap belakang mobil dekat dengan kaca belakang atau pada bagian bagasi belakang. Ukuran antena mobilini juga tidak terlalu panjang sehingga aman digunakan tanpa khawatir tersangkut benda lain.

            3. Shark Fin Antenna

    Jika dilihat dari bentuknya, bentuk antena ini memang sesuai dengan namanya yaitu Shark Fin jenis antena ini memang terlihat seperti sirip hiu. Jenis antena ini memang banyak diminati oleh banyak orang karena dinilai memiliki desain yang fashionable. Bahkan, saat ini banyak pengguna mobil  banyak  mengganti antenanya dengan jenis antena mobil ini. Selain desainnya yang kekinian, antena ini diklaim memiliki kemampuan menangkap sinyal lebih baik dibanding dua jenis antena sebelumnya. Namun saat ini banyak model shark fin antena dengan kualitas tidak lebih baik dari fixed antenna.

            4. Motorized Antenna 

    Berbeda dari 3 jenis antena sebelumnya, motorized antenna adalah jenis antena yang dapat memposisikan bentuk antena secara otomatis. Saat mesin dinyalahkan, antena akan otomatis memanjang, sebaliknya jika mesin dimatikan, antena akan otomatis memendek. Antena jenis ini kurang digemari saat ini karena bentuk desainnya yang sudah ketinggalan zaman, selain itu jenis anten ini juga  jarang  dipakai di unit mobil terbaru.