Berita

    Featured Image

    Bukan Hanya Ban: Pentingnya Memeriksa Suspensi Mobil

    Perawatan mobil tidak hanya terbatas pada pemeriksaan mesin dan performa ban. Lebih dari itu Anda juga harus memastikan suspensi mobil dalam kondisi normal. Hal ini sering terlupa, padahal cukup penting demi keselamatan berkendara. 

    Perawatan suspensi bisa dimulai dengan pemeriksaan rutin secara bertahap. Selain bisa membantu performa mobil Anda tetap terjaga, langkah ini juga bisa meringankan beban Anda saat terjadi kerusakan pada suspensi. 

    Fungsi Suspensi Mobil

    Sebenarnya apa fungsi penting dari suspensi pada kendaraan Anda? Sistem suspensi merupakan sebuah komponen penting pada sebuah mobil. Fungsinya untuk menyerap kejutan yang muncul dari permukaan jalan saat berkendara. 

    Sistem suspensi ini berada di antara badan mobil dan roda-roda. Sistem ini terdiri dari shock absorber, pegas, stabilizer, dan komponen-komponen lainnya. Rangkaian komponen ini ternyata berpengaruh penting terhadap kenyamanan berkendara. 

    Saat melaju di permukaan jalan yang tidak rata atau bergelombang, maka sistem suspensi akan menyerap getaran atau kejutan tersebut. Hal ini tentu akan menambah kenyamanan bagi pengemudi dan penumpang. 

    Selain itu, sistem suspensi juga berfungsi memindahkan gaya pengereman dan gaya gerak ke bagian badan mobil. Fungsi lainnya yaitu menopang badan mobil pada axle dan memelihara posisi geometris badan serta roda-roda. 

    Pentingnya Memeriksa Sistem Suspensi

    Kenapa penting bagi pengendara mobil untuk mengecek sistem suspensinya secara rutin? Melihat beberapa fungsi penting dari sistem suspensi tadi, tampaknya sudah jelas mengapa dibutuhkan pemeriksaan secara berkala. 

    Pemeriksaan sistem suspensi akan membantu Anda memelihara performa mobil tetap baik. Jika ada kerusakan ringan pada sistem tersebut maka Anda bisa langsung mengetahuinya dan mengambil langkah penanganan terbaik. 

    Pemeriksaan juga penting untuk dilakukan demi mempertahankan kenyamanan selama berkendara. Apabila sistem suspensi terus terjaga dalam kondisi yang bagus, maka mobil Anda akan selalu memberi kenyamanan yang optimal.