Berita

    Featured Image

    Penting! Cara Merawat Aki Mobil

    Aki mobil merupakan komponen penting yang berfungsi sebagai penyuplai energi atau daya listrik untuk berbagai komponen dan sistem di kendaraan Anda. Karena memegang fungsi vital bagi mobil, maka kondisinya perlu diperhatikan dengan baik.

    Jika terdapat masalah pada aki, maka bisa berpengaruh terhadap kinerja dari berbagai sistem mobil. Kenyamanan dan keamanan perjalanan Anda pun bisa jadi terganggu karena hal tersebut.

    Cara Merawat Aki Mobil

    Supaya bisa memastikan kondisi aki, maka perlu dilakukan berbagai perawatan rutin. Berikut adalah cara merawat komponen aki pada mobil Anda, pastikan hal-hal berikut ini tidak diabaikan.

    • Perhatikan Beban dari Penggunaan Aki

    Cara pertama yang penting untuk dilakukan yaitu dengan memperhatikan beban dari penggunaan aki. Lakukan pengecekan secara berkala untuk memastikan kondisi yang satu ini.

    Dengan melakukan pengecekan, maka kondisi lebih rinci dari aki akan Anda ketahui. Pengecekan beban penggunaan ini bisa dilakukan di bengkel atau dealer terdekat, datanglah ke tempat yang resmi supaya lebih terjamin.

    • Lakukan Pembersihan Aki secara Berkala

    Ketika akan merawat sesuatu, maka pastinya menjaga kebersihan adalah hal penting yang tidak bisa dilewatkan.

    Ini juga berlaku ketika Anda akan merawat komponen aki mobil, pastikan kondisinya tetap baik dengan melakukan pembersihan secara berkala. Salah satu bagian penting yang perlu dibersihkan yaitu terminal aki.

    Jika bagian tersebut tertutup oleh debu, maka dapat menghambat aliran listrik dari aki ke komponen lainnya. Bersihkan bagian tersebut dengan memakai sikap plastik atau kawat.

    • Jangan Lupa Mengecek Cairan Aki

    Selanjutnya, penting juga untuk mengecek cairan aki. Cairan ini memiliki fungsi untuk menjadi penghantar arus listrik pada berbagai sistem kelistrikan mobil.

    Jika cairannya kurang, maka akan mengganggu kinerja aki dalam melakukan produksi arus listrik. Penghantaran arus pun dapat terganggu, sehingga dapat berdampak terhadap berbagai komponen.

    istockphoto.com

    Maka dari itu, pengisian air aki tidak boleh dilupakan, pastikan Anda melakukannya jika air aki sudah kurang dari standar. Pengisian dilakukan juga sesuai dengan standar, tidak boleh terlalu kurang atau terlalu penuh.

    • Panaskan Mobil secara Rutin