Berita

    Featured Image

    Ketahui Cara Mengatasi Oli Rembes Tanpa Bongkar Mesin

    Oli mobil rembes yang terlihat di bagian bawah kendaraan bisa terjadi karena 3 hal, yaitu karena kondisi filter oli, steker pembuangan oli, dan gasket yang telah usang. Selain itu, kebocoran oli juga bisa terlihat dari warna asap yang dikeluarkan oleh knalpot. 

    Jika dibiarkan berlarut-larut bisa sangat berbahaya bagi pengendara karena oli memiliki fungsi yang krusial bagi performa dan keawetan mesin mobil. 

    Untuk mengatasi hal tersebut sebenarnya cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Apa saja cara untuk mengatasi oli mobil yang rembes? Berikut informasinya. 

    Begini Cara Praktis Mengatasi Oli Mobil Rembes Tanpa ke Bengkel

    Pada saat mengetahui adanya genangan oli di bawah mobil, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengukur level oli. Fungsinya adalah untuk memastikan apakah benar oli mobil yang rembes atau ada permasalahan lainnya. 

    Jika oli mobil benar-benar berkurang secara signifikan, itu tandanya telah terjadi kebocoran oli dan ini harus segera diatasi. Lalu, apa harus dibawa ke bengkel atau bisa diperbaiki sendiri? Yuk, simak cara praktis di bawah ini untuk mengatasi kebocoran oli pada mobil. 

            1. Cek Kondisi Baut

    Cara pertama untuk mengatasi oli mobil rembes adalah dengan mengecek kondisi baut di area kebocoran oli. Periksa apakah baut tersebut longgar, terpasang miring, atau sudah dol (slek). 

    Jika longgar atau terpasang miring, perbaiki posisi baut dan kencangkan kembali, bila perlu gunakan kunci pas torsi. 

    Namun jika telah rusak (dol/slek), Anda wajib mengganti baut tersebut dengan yang baru. Bisa dengan membuat drat baru atau menggunakan baut lain dengan ukuran yang sedikit lebih pendek. 

            2. Gunakan Sealant Oli Mesin

    Cara paling praktis yang bisa dilakukan untuk mengatasi kebocoran oli adalah dengan menggunakan sealant oli mesin. 

    Merupakan sejenis cairan yang berfungsi untuk menutup kebocoran dari dalam serta sebagai kondisioner yang mampu mengembalikan bentuk segel dan paking seperti semula. 

    Cara menggunakan sealant yang berbentuk cairan ini harus dicampur dengan oli mesin. Tenang, bahan ini tergolong aman dan tidak merusak atau mengganggu kinerja mesin. 

            3. Cek Ring Mobil

    Cara yang ketiga adalah mengecek kondisi ring pada mobil dan memastikan masih terpasang dengan baik. Baut carter oli umumnya dilengkapi dengan ring yang dapat mencegah kebocoran oli.