Berita

    Featured Image

    Cara Menghindari Muatan Mobil Berlebihan

    Mobil adalah jenis kendaraan yang banyak dipilih karena kapasitasnya luas dan bisa memuat banyak barang serta penumpang. Namun, muatan mobil harus diperhatikan agar tidak berlebihan dan tidak mengganggu kestabilan serta kinerja saat berkendara.

    Jika mobil kelebihan muatan melebihi batas aman yang ditentukan oleh pabrikan, maka dapat mempengaruhi struktur kendaraan, sistem pengereman, dan komponen lainnya. Oleh karena itu, ketahui bagaimana cara mengatur dan menghindari muatan dengan bobot yang berlebih.

    Berikut Cara Menghindari Muatan Mobil yang Berlebihan

    Ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar muatan dalam mobil tetap optimal sesuai batas namun tidak berlebihan dan membahayakan pengendara. Sebagai panduan, berikut ini beberapa di antaranya:

    • Hitung dan Sesuaikan Daya Angkut Mobil

    Untuk mengetahui daya angkut maksimal mobil, Anda dapat merujuk pada buku manual kendaraan yang biasanya menyediakan informasi tersebut. Selain itu, Anda juga dapat menghitung load index ban sebagai panduan.

    Load index adalah angka yang menunjukkan batas berat yang dapat ditangani oleh ban kendaraan. Untuk menghindari kelebihan muatan mobil, pastikan untuk menyesuaikannya total berat penumpang dan barang dengan batas daya angkut mobil.

    • Posisikan Bobot Seoptimal Mungkin
    Freepik

    Setelah mengetahui berat maksimal yang dapat dibawa, langkah berikutnya adalah memposisikan bobot seoptimal mungkin di dalam kendaraan. Disarankan untuk meletakkan barang paling berat seperti koper besar, di area dalam sisi tengah bagasi.

    Ini membantu menjaga keseimbangan kendaraan dan mengurangi risiko pergeseran muatan mobil saat bergerak. Selain itu, barang yang lebih ringan dapat diletakkan di sisi kanan kirinya dengan posisi saling mengunci agar tidak mudah bergerak. 

    • Manfaatkan Kabin

    Agar bobot muatan lebih rata dan optimal, Anda juga dapat memanfaatkan kabin mobil untuk menyimpan barang yang kecil dan ringan. Contohnya seperti rongga penyimpanan di pintu, dasbor, konsol tengah, kolong kursi, atau rongga di balik jok.

    Namun, perlu diingat bahwa penggunaan kabin untuk menyimpan muatan tidak boleh menghalangi visibilitas pengemudi, mengganggu pengoperasian kendaraan, atau mengganggu kenyamanan penumpang.

    • Gunakan Roof Box di Bagian Atap