Berita

    Featured Image

    Hati-Hati! Bagian Mobil Ini Bisa Rusak saat Menanjak

    Ada beberapa bagian mobil yang bisa rusak saat menanjak karena berbagai sebab. Salah satunya penyebab utamanya adalah kurangnya perawatan dan keterampilan pengemudi dalam mengendarai mobil.

    Jika belum terlalu mahir mengendarai mobil sebaiknya hindari jalan menanjak agar tidak terjadi insiden buruk. Lebih baik memilih jalan memutar daripada harus menanggung risiko kerusakan dan keselamatan. 

    4 Bagian Mobil yang Bisa Rusak saat Menanjak

    Beberapa komponen bisa saja mengalami kerusakan saat mobil melaju atau parkir di jalanan menanjak. Berikut beberapa bagian mobil yang berisiko mengalami kerusakan saat berada di tanjakan:

    • Suspensi 

    Terlalu sering memarkirkan mobil di jalanan menanjak dapat menyebabkan suspensi belakang cepat rusak. Kerusakan tersebut terjadi karena suspensi belakang harus menopang beban lebih berat saat berada di tanjakan.

    Lain halnya jika mobil berada di jalanan datar, tentu beban mobil akan ditopang suspensi depan dan belakang secara sama rata. Jika tidak ingin suspensi belakang cepat aus sebaiknya hindari memarkirkan mobil di jalanan menanjak. 

    • Rem

    Selain suspensi belakang, rem juga termasuk komponen mobil yang berisiko mengalami kerusakan saat berada di tanjakan. Parkir di jalanan menanjak membuat beban yang ditopang suspensi menjadi tidak sama rata.

    rem mobil rusakFreepik.com

    Selain itu, teknik mengerem saat menanjak yang salah misalnya pada saat macet, membuat kinerja rem lebih berat dibandingkan komponen lainnya, sehingga tingkat risiko kerusakannya juga lebih tinggi.

    • Sistem Penggerak

    Bagian mobil yang bisa rusak saat menanjak berikutnya adalah komponen pada sistem penggerak. Terlalu sering melewati jalanan menanjak juga dapat menyebabkan komponen pada sistem penggerak mengalami kerusakan. 

    Hal tersebut terjadi karena mesin dipaksa bekerja keras untuk melewati tanjakan. Jika tidak dilakukan perawatan dan pemeliharaan dengan baik akan membuat komponen pada sistem penggerak mengalami kerusakan fatal. 

    • Sistem Transmisi

    Kerusakan pada sistem transmisi dapat terjadi jika pengendara salah memosisikan gigi saat melewati jalanan menanjak. Masalah tersebut sering dialami pengendara mobil transmisi manual karena dalam pengoperasian dibutuhkan teknik khusus.

     

    Tips Mengendarai Mobil di Jalanan Menanjak

    Mengendarai mobil di jalanan menanjak memang tidak mudah terutama jika menggunakan mobil dengan sistem transmisi manual. Agar perjalanan tetap aman dan nyaman sebaiknya lakukan beberapa tips berkendara di jalanan menanjak berikut ini:

    • Pilih Gigi yang Tepat

    Bagian mobil yang bisa rusak saat menanjak adalah gigi. Maka dari itu, saat melewati tanjakan curam, gunakan gigi rendah jika melewati tanjakan landai gunakan gigi tinggi.

    • Kendalikan Kecepatan Mobil

    Laju mobil saat melewati tanjakan juga harus diperhatikan. Sebaiknya jangan memaksakan mobil melaju dalam kecepatan tinggi. 

    Pertahankan kecepatan mobil agar tetap stabil saat melewati jalanan menanjak dan jangan terlalu sering menginjak rem agar tidak terjadi overheat. 

    • Hindari Overloading

    Saat melewati jalanan menanjak pastikan muatan mobil tidak melebihi kapasitas yang telah ditentukan. Jika tidak, hal ini akan membuat mesin bekerja terlalu keras dan berisiko menyebabkan mobil tergelincir mundur karena tidak kuat menanjak. 

    • Gunakan Teknik Mengemudi yang Tepat

    Jangan menggunakan rem tangan secara mendadak saat menuruni jalan tanjakan! Karena hal tersebut dapat meningkatkan suhu pada sistem pengereman dan menimbulkan kecelakaan. 

    Pastikan Anda mempelajari teknik mengemudi yang tepat untuk menghindari insiden buruk selama melewati tanjakan. 

    Terapkan tips tersebut ketika melewati jalanan menanjak agar perjalanan Anda tidak mengalami kendala. Selain itu, cek kondisi mobil secara menyeluruh sebelum melewati jalanan ekstrim.