Berita

    Featured Image

    Apa itu Facelift pada Mobil? Kenali Perbedaanya dengan All New

    Bagi orang yang sudah lama mengikuti dunia otomotif, istilah facelift pasti sudah tidak asing. Namun bagi mereka yang masih awam sebutan ini bisa terdengar membingungkan. Terutama saat hendak membeli mobil baru. 

    Sebutan tersebut sebenarnya ditujukan pada mobil-mobil model lama yang diberikan penyegaran pada beberapa bagian. Produsen mobil biasanya merilis mobil hasil penyegaran sambil menunggu mobil model baru selesai. 

    Apa Itu Facelift?

    Istilah ini dipakai untuk menyebutkan mobil baru yang sudah melalui perubahan di beberapa aspek. Misalnya perubahan di interior mobil, peningkatan teknologi, melengkapi sistem keaman, fitur hiburan baru, dan lain sebagainya. 

    Sedangkan model atau desain mobil secara garis besar tidak berubah. Masih sama dengan model awal saat mobil pertama kali dirilis. Pembaharuan hanya ada pada beberapa komponen saja. 

    Tujuan produsen membuat mobil jenis ini adalah untuk mengisi kekosongan atau jeda panjang ke model mobil yang baru.  Karena untuk membuat kendaraan yang benar-benar baru atau all new,  produsen mobil membutuhkan waktu sekitar 6 sampai 8 tahun. 

    Strategi ini juga dilakukan supaya bisa meningkatkan penjualan mobil. Konsumen akan tertarik dengan mobil yang sudah fitur-fiturnya sudah ditingkatkan dari rilisan sebelumnya. 

    Perbedaan Facelift dan All New

    Kedua istilah tersebut biasa ditemukan di brosur atau iklan kendaraan. Bagi mereka yang belum mengetahui artinya pasti sulit membedakan spesifikasi mobil-mobil keluaran terbaru. 

    Berikut ini perbedaan antara mobil baru dari hasil penyegaran fitur dan mobil dengan desain dan teknologi terbaru:

    • Tampilan Mobil

    Perbedaan yang paling kentara bisa terlihat dari tampilan mobil. Khususnya pada bagian eksterior mobil. Kendaraan yang mengalami penyegaran fitur tidak berubah desain model dari rilisan sebelumnya. Hanya saja tampilannya dibuat lebih menarik.

    Sedangkan mobil yang sepenuhnya baru mempunyai tampilan yang amat berbeda. Desain, rangka, penambahan kelengkapan mobil. Anda bisa mengenali mobil terbaru dengan mudah dari eksteriornya. 

    • Kode Sasis

    Kode sasis atau nomor rangka pada mobil facelift masih sama dengan nomor sasis di mobil keluaran sebelumnya. Karena memang desain dan rangka mobil masih sama. 

    Sedangkan pada mobil yang sepenuhnya baru memiliki kode sasis baru juga. Sebab tampilan, fitur dan rangka kendaraan berbeda dengan seri kendaraan yang sudah pernah diproduksi.

    • Proses Produksi