Berita

    Featured Image

    Tips Merawat Wiper Blade Mobil agar Tetap Awet

    Wiper Blade termasuk salah satu bagian penting dalam mobil. Hal ini termasuk dalam penunjang utama dalam keselamatan berkendara, apalagi jika memasuki musim hujan. Sehingga, kondisi dan kualitasnya perlu diperhatikan meskipun sedang di tengah musim kemarau yang panjang sekalipun. 

     

    Sebenarnya, semua komponen yang ada dalam kendaraan memang perlu dijaga dan mampu berfungsi dengan baik yang akan membuat kondisinya dalam kondisi yang prima. Termasuk juga wiper blade atau karetnya. Nah, berikut ini ada beberapa tips yang bisa diperhatikan dalam merawat karet wiper agar tetap awet, simak penjelasannya. 

    Tips Merawat Karet Wiper atau Wiper Blade

    1. Membersihkan Secara Berkala 

    Wiper termasuk komponen utama juga dalam kendaraan, apalagi ketika musim hujan melanda. Perawatannya pun juga sangat perlu untuk diperhatikan. Membersihkan karet wiper dari debu dan kotoran menempel sangatlah penting, tentunya akan membuat wiper blade nya akan bertahan lebih lama dan bisa bekerja secara maksimal. 

     

    Untuk kamu yang ingin wiper tetap awet pada mobilnya, maka kondisi ini termasuk yang perlu kamu lakukan agar semuanya bisa bekerja optimal. Membersihkannya pun bukanlah suatu yang rumit, kamu bisa membilas dengan air bersih atau mencucinya secara berkala. 

    2. Hindari Penggunaan Pas Kaca Kering 

    Wiper memang fungsinya untuk membuat pandangan dalam berkendara tetap jelas, meskipun sedang berkendara di musim hujan.  Jadi, kebutuhannya memang untuk kondisi kaca yang sedang basa. Jika kamu ingin wiper blade nya tetap awet dan tidak mudah rusak, maka pastikan kamu tidak menggunakannya ketika kaca sedang kering. 

     

    Apabila kamu ingin membersihkannya, maka penting sekali untuk membasahi permukaan kaca dengan air atau cairan khusus pembersihnya menggunakan wiper tersebut. 

    3. Gunakan Cairan Pembersih Khusus 

    Cara selanjutnya yang bisa dilakukan agar blade atau karet pada wiper mobil kamu tetap bagus dan tahan lama dengan membersihkannya dengan cairan khusus. Tentunya hasil dari kacanya pun akan terlihat jauh lebih bersih dibandingkan dengan menggunakan air biasa. Mungkin tips ini bisa menjadi alternatif yang bisa diaplikasikan pada mobil kesayangan kamu. 

    4. Lakukan Pergantian Secara Berkala

    Masa pakai dari wiper blade itu sendiri diantara 6-12 bulan. Kondisinya pun bisa kamu sesuaikan dengan performanya. Jika kamu sudah melihat karetnya sudah mengalami keausan, maka cara yang paling tepat untuk dilakukan dengan langsung menggantinya. Proses ini jika kamu biarkan akan membuat kaca mobil kendaraan tidak terlihat dengan jelas. 

     

    Terutama jika kamu menggunakannya pas hujan lebat. Oleh karena itu, perhatikan masa pakainya dan bisa kamu ganti secara langsung. Pastikan juga ketika kamu memutuskan untuk menggantinya dengan produk yang berkualitas, bukan yang murahan dan tidak tahan lama karena akan berdampak pada kualitas kedepannya. 

    5. Perhatikan Proses Penyimpanannya

    Langkah terakhir agar tetap awet adalah memperhatikan proses yang ada dalam penyimpanannya. Jika kamu jarang menggunakan mobil dan bukan untuk kebutuhan mobilisasi sehari-hari, saran satu ini bisa kamu perhatikan. Membiarkan wiper blade menempel terlalu lama akan membuat masa pakainya akan berkurang. 

     

    Untuk itulah, kamu harus sering memperhatikannya dengan tidak membiarkan karet wiper pada mobil kamu menempel terlalu lama pada kaca mobilnya. Selain mudah rusak, tentunya akan membuat masa kinerjanya pun akan berkurang drastis. 

     

    Pada tahap ini, pastikan kinerja dari wiper blade pada mobil kamu tetap berfungsi dengan baik karena memiliki peranan utama dalam keselamatan berkendara. Jika mengalami kerusakan segera bawa ke bengkel resmi Suzuki dan jadwalkan di suzukimobil-papuabarat.co.id