Berita

    Featured Image

    Mengenal Pentingnya Wiper Belakang Ketika Kondisi Hujan

    Untuk Anda yang memiliki mobil, tentunya sudah tidak asing dengan namanya wiper. Salah satunya yang jarang diperhatikan yaitu wiper belakang. Padahal, fungsinya pun juga tidak kalah penting dengan wiper di kaca depan. Terutama di tengah hujan deras, wiper depan dan belakang sangat membantu visibilitas dalam berkendara. 

     

    Bukan hanya itu saja, wiper juga bermanfaat untuk membersihkan kaca dari kotoran seperti debu dan lainnya yang mengganggu pandangan mata. Hal ini juga berlaku untuk bagian wiper belakang yang tidak kalah penting untuk Anda perhatikan. Lantas, apa saja sih fungsi dari wiper pada bagian belakang tersebut? Yuk, simak penjelasannya secara lengkap. 

    Fungsi Wiper Belakang

    1. Pembersih Kotoran 

    Pada dasarnya fungsi dari wiper bagian belakang itu hampir sama dengan yang ada di depan. Peranannya sendiri sebagai pembersih kotoran, terutama debu yang menempel. Kondisi ini sangat penting untuk diperhatikan, meskipun berada pada bagian belakang supir juga membutuhkan pandangan yang bersih untuk melihat kendaraan bagian belakang. 

    Apabila kaca belakang terasa kotor, maka membuat penglihatan sopir akan terasa sulit dan tidak bisa memperhatikan kendaraan yang ada dibelakang. Oleh karena itu, wiper belakang ini perlu diperhatikan secara menyeluruh. 

    2. Membantu Penglihatan Ketika Hujan 

    Jika sedang musim hujan yang sangat amat deras, wiper depan memang penting untuk diperhatikan. Namun, Anda juga tidak lupa untuk memperhatikan bagian belakangnya karena wiper belakang juga memiliki peranan yang tidak kalah penting untuk keselamatan dalam berkendara.