Berita

    Featured Image

    Jangan Abai! Ini Pentingnya Melumasi Engsel Pintu Mobil

    Engsel pintu mobil merupakan salah satu komponen mobil yang paling krusial agar bisa berkendara dengan nyaman. Sebab, kerusakan pada engsel pintu ini bisa menyebabkan pintu mobil sulit ditutup maupun dibuka.

    Oleh karena itu, penting untuk melakukan perawatan seperti melumasi bagian engsel pintu secara berkala. Sehingga jika Anda ingin membuka atau menutup pintu akan lebih mudah dan mobil dapat parkir dengan aman.

    4 Poin Penting Melumasi Engsel Pintu Mobil

    Berdasarkan tujuan di atas, terdapat 4 poin penting mengapa Anda harus melumasi engsel pintu secara berkala. Apa saja alasannya? Berikut intip selengkapnya!

    • Menghindari Engsel Aus

    Engsel pintu yang tidak dilumasi akan menyebabkan komponen menjadi kering dan rentan aus. Hal ini akan membuat terjadinya gesekan berlebih pada sistem kunci pintu mobil.

    Maka dari itu, penting sekali untuk merawat dan melumasi engsel secara rutin terutama jika pintu mobil sudah sulit dibuka atau ditutup. 

    Pelumasan engsel secara rutin sangat penting untuk menghindari engsel cepat aus sehingga usia penggunaannya bisa lebih panjang.

    • Mencegah Penumpukan Kotoran Debu

    Perawatan engsel secara berkala akan mencegah terjadinya penumpukan kotoran dan debu yang ada di dalam komponen tersebut. Sebab, kotoran dan debu yang menempel pada komponen mobil akan membuat performa kendaraan semakin menurun.

    Mencegah Penumpukan Kotoran Debu

    Freepik.com

    Ini akan membuat mekanisme penguncian mobil menjadi terhambat. Oleh sebab itu, pelumasan engsel sangat penting agar kendaraan Anda terbebas dari debu serta kotoran yang menempel di sekitar pintu mobil.

    • Menjaga Pintu Mobil Tetap Mulus

    Mobil yang dirawat secara rutin akan terasa mulus saat digunakan. Hal ini juga dapat Anda rasakan dari cara membuka dan menutup pintu mobil baik sebelum atau setelah kendaraan digunakan.

    Pelumasan engsel pintu secara berkala bisa memperbaiki sistem penguncian mobil kembali berfungsi dengan lancar, aktif, dan baik. Namun, berbalik halnya apabila engsel tidak dirawat dan dilumasi secara rutin, hal ini beresiko terhadap gerakan engsel yang tidak mulus sehingga membuka atau menutup pintu terasa macet.

    • Mencegah Suara Berdecit

    Bunyi berdecit pada engsel pintu mobil yang kering akan terasa mengganggu. Ini menunjukkan komponen tersebut tidak terawat sehingga Anda kesulitan saat membuka dan menutup pintu mobil.

    Itulah mengapa alasan melumasi engsel pintu secara rutin sangat penting agar tidak muncul suara berdecit pada pintu mobil. Ini juga dapat meningkatkan rasa kenyamanan saat menggunakan kendaraan yang dirawat secara berkala.

    • Mencegah Kerusakan pada Sistem Penguncian

    Pemilik mobil yang abai terhadap kondisi engsel pintu kendaraannya secara perlahan akan membuat performa kendaraan tersebut menurun. Masalah yang paling fatal dalam hal ini ialah terjadinya kerusakan pada bagian sistem kunci mobil.

    Oleh sebab itu, melumasi engsel pintu secara rutin sangat penting untuk menjaga kinerja sistem penguncian tetap bekerja dengan baik. 

    Jika Anda abai, ini bisa membuat mobil tidak terkunci dengan baik dan meningkatkan resiko tindakan kriminal.

    Itu dia beberapa poin penting mengapa melumasi engsel pintu mobil sangat penting untuk menjaga performa komponen kendaraan tetap berfungsi dengan baik. Hal ini juga penting untuk menunjang keselamatan serta kenyamanan penumpang selama di perjalanan.