Berita

    Featured Image

    Kondisi Spare Part ini bisa Anda Cek Secara Langsung

    Merawat mobil tidak selalu berarti pergi ke bengkel. Padahal, ada beberapa suku cadang penting yang bisa Anda periksa dan cek secara sendiri untuk memastikan kendaraan Anda berjalan lancar dan tetap aman di jalan. Berikut adalah beberapa spare part tersebut. 

    Spare Part yang Bisa Dicek Langsung

    1. Oli Mesin 

    Parkirkan mobil Anda di tempat yang datar dan pastikan mesin sudah dingin. Cabut tongkat celup, yang biasanya berwarna kuning atau oranye, dari tabung pengukur oli mesin. Gunakan kain bersih untuk membersihkan tongkat dan kemudian masukkan kembali sepenuhnya. Tarik keluar lagi dan periksa level oli, pastikan levelnya berada di antara tanda minimum dan maksimum yang ditandai pada tongkat celup.

    2. Coolant Level

    Mempertahankan level cairan pendingin yang tepat akan mencegah mesin Anda menjadi terlalu panas. Temukan reservoir cairan pendingin di bawah kap mesin dan pastikan level cairan pendingin berada di antara tanda minimum dan maksimum.

    3. Minyak Rem

    Reservoir minyak rem biasanya terletak di dekat mesin, di sisi pengemudi atau penumpang. Setelah menemukannya, periksa level minyak rem dan pastikan bahwa levelnya berada dalam kisaran yang disarankan oleh pabrikan. Jika levelnya rendah, periksa sistem rem Anda untuk memastikan tidak ada kebocoran atau masalah lainnya.

    4. Aki

    Periksa aki mobil Anda apakah ada tanda-tanda korosi, kebocoran, atau kerusakan. Pastikan terminal bersih dan terhubung dengan aman. Anda juga dapat menggunakan multimeter untuk memeriksa tegangan baterai. Tegangan normal biasanya berkisar antara 12,4 hingga 12,6 volt saat aki dalam kondisi baik.

     

    cek aki

    5. Filter Udara

    Bagian mobil selanjutnya yang bisa Anda cek kondisinya yaitu Filter Udara. Spare part ini cukup krusial dalam aspek kenyamanan berkendara Anda karena berpengaruh pada performa mesin.  Jika kotor, gantilah sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Ganti filter secara teratur untuk memastikan mesin tetap berfungsi dengan optimal.

    6. Wiper Kaca Depan

    Kondisi wiper mobil yang aus dan perlu diganti biasanya cukup jelas dan dapat diamati saat Anda menggunakan wiper saat hujan atau kotoran menempel pada kaca depan. Adapun tanda-tandanya seperti garis atau coretan pada kaca depan setelah penggunaan, suara berdecit atau berderit saat digunakan, ketidakmampuan wiper menghapus air secara efektif, dan yang paling bisa dilihat yaitu karet wiper yang mulai mengeras. Ketika Anda mengamati salah satu dari tanda-tanda ini, sudah waktunya untuk mengganti wiper mobil Anda. 

    7. Selang

    Periksa sabuk dan selang di bawah kap mesin apakah ada tanda-tanda keausan, retak, atau robek. Gantilah jika tampak rusak untuk mencegah potensi kerusakan.

    8. Busi

    Busi berperan penting dalam menyalakan campuran udara-bahan bakar di dalam silinder mesin. Seiring waktu, busi dapat kotor atau aus, sehingga mempengaruhi kinerja mesin dan efisiensi bahan bakar. Konsultasikan manual kendaraan Anda untuk menemukan lokasi busi, dan periksa tanda-tanda keausan, korosi, atau endapan. Jika perlu, gantilah dengan mengikuti rekomendasi pabrikan.

     

     

    Pada dasarnya penting untuk diingat bahwa menjaga dan memeriksa spare part mobil secara langsung adalah langkah pertama yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kinerja kendaraan Anda. Dari pemeriksaan awal ini Anda bisa memastikan bahwa komponen mobil berada dalam kondisi yang baik dapat membantu mencegah kerusakan yang tidak terduga dan meningkatkan keselamatan serta kenyamanan berkendara. 

     

    Dengan melakukan pemeriksaan secara teratur dan mengganti spare part yang aus atau rusak sesuai kebutuhan, Anda dapat memastikan bahwa mobil Anda tetap berfungsi dengan optimal. Selain itu, jika ditemukan kondisi spare part sudah mengkhawatirkan, Anda bisa langsung membawa mobil Anda ke bengkel resmi atau coba jadwalkan servis di suzukimobil-papuabarat.co.id untuk yang berlokasi di sekitar Papu Barat.