Berita

    Featured Image

    Ketahui Ciri-Ciri dan Cara Cek Bearing Roda Depan Mobil yang Rusak.

    Bearing roda mobil merupakan komponen yang menjadi penunjang roda kendaraan. Fungsinya untuk menjaga kestabilan dan perputaran roda mobil Anda menjadi lebih baik. Namun, ternyata komponen satu ini mudah rusak dan jika dibiarkan akan berakibat fatal.

    Maka dari itu, pada artikel ini Anda akan dijelaskan mengenai ciri-ciri ketika bearing mobil rusak dan cara mengatasinya. Informasi tersebut penting sekali, terlebih untuk komponen roda mobil bagian depan. Yuk, simak penjelasan dan uraiannya di bawah ini!

    4 Ciri Bearing Roda Mobil Rusak

    Sebelum mengetahui bagaimana ciri-ciri bearing roda yang rusak, Anda juga wajib mengetahui penyebabnya. Pertama, mobil Anda sering melewati jalan yang rusak dan kedua ukuran ban mobil Anda yang tidak ideal. Penyebab tersebut yang wajib Anda hindari sebaik mungkin.

    Namun, kondisi bearing mobil tidak akan sempurna apalagi jika Anda sering menggunakannya. Berikut ini 4 ciri bearing roda yang sudah rusak atau bermasalah yang wajib Anda ketahui:

            1. Getaran Pada Mobil

    Ciri pertama yang patut Anda waspadai adalah adanya getaran yang mengganggu pada mobil. Bearing roda yang rusak akan menimbulkan getaran pada mobil, sehingga mengganggu stabilitas Anda dalam berkendara. Jika Anda sudah merasa ada getaran pada mobil yang mengganggu, tentu wajib diperiksa.

    Bahaya jika Anda mengabaikan ciri satu ini tidak hanya berpengaruh pada stabilitas mobil. Tetapi, Anda akan sulit mengendalikan kendaraan, sehingga akan berpotensi kecelakaan yang membahayakan Anda.

            2. Terdengar Suara Aneh dari Mesin

    Ciri kedua adalah terdengarnya suara aneh dari mesin mobil Anda. Hal tersebut dipengaruhi dengan getaran roda mobil yang dipengaruhi oleh kerusakan bearing mobil Anda. Suara aneh tersebut biasanya muncul ketika Anda melaju pada kecepatan yang cukup tinggi.

            3. Lampu ABS Menyala

    Anda juga dapat melihat ciri jika ada masalah pada bearing mobil Anda dengan melihat lampu ABS yang menyala. Fungsi lampu ABS ini adalah untuk memberi tahu jika ada masalah pada komponen kendaraan Anda.

    Apabila bearing roda kendaraan Anda rusak dan lampu ABS menyala, sebaiknya Anda segera untuk mengeceknya dan dibawa ke tempat servis. Hal tersebut agar Anda terhindar dari kecelakaan atau tergelincir akibat tidak stabilnya kondisi roda ban mobil Anda.

            4. Kondisi Ban Mobil Tidak Seimbang