Berita

    Featured Image

    Ketahui 5 Penyebab Utama Rem Mobil Blong dan Cara Mencegahnya

    Rem mobil menjadi salah satu komponen penting dalam kendaraan. Maka dari itu, sebelum berkendara sebaiknya periksa dulu fungsi dari rem ini. Apakah tidak ada masalah atau rem mobil blong. 

    Sebab, rem blong adalah salah satu penyebab tertinggi kecelakaan lalu lintas. Banyak orang yang tidak sadar jika rem tidak berfungsi. Untuk itu, penting mengetahui antisipasi rem tidak fungsi ini.

    Penyebab Utama Rem Mobil Blong

    Sebenarnya ada banyak penyebab rem mengalami kendala saat Anda menggunakannya. Berikut penjelasan singkatnya dan langkah agar Anda bisa menghindari penyebab ini:

            1. Minyak Rem Kurang

    Rem oil atau minyak rem memiliki fungsi untuk melumasi komponen sistem pengereman. Agar gesekan pada kampas bisa berjalan optimal. Sehingga komponen logam tidak mengalami kerusakan.

    Nah, apabila minyak rem ini kurang, maka daya gesek jadi tidak bisa bekerja maksimal. Mobil Anda akan susah berhenti meski sudah menginjak pedal. Bahkan rem bisa langsung blong dan menyebabkan kecelakaan.

            2. Minyak Rem Memiliki Kualitas Buruk

    Kualitas pada minyak rem ternyata memiliki dampak besar untuk kinerjanya. Sebab, minyak rem berkualitas buruk, bisa membuat suhu mengalami perubahan.

    Lalu, apa hubungannya dengan penyebab rem jadi blong?

    Penggunaan minyak rem dengan kualitas buruk seperti tidak sesuai spesifikasi, membuat seal dan karet menjadi rusak. Akibatnya sistem pengereman akan mengalami masalah.

            3. Pengaruh dari Uap Air

    Sebenarnya sebab yang satu ini juga masih berhubungan dengan minyak rem. Proses oksidasi bisa memunculkan uap air. Nah apabila telah masuk ke sistem pengereman, maka bisa mengubah temperatur dari minyak rem. Oil akan menjadi lebih panas apabila terus “diganggu” uap air. 

    Ketika minyak menjadi lebih panas dari biasanya, maka tekanan pada rem juga akan turun. Akibat yang terjadi jelas bisa membuat rem jadi tidak berfungsi.

            4. Kanvas dan Piston Rusak

    Komponen sistem pengeraman yang wajib mendapat perhatian adalah kanvas dan piston. Sebab, apabila lama diabaikan, maka bisa menyebabkan rem mobil blong. 

    Apalagi jika Anda sering menginjak pedal rem dengan rentang waktu yang lama. Maka tak hanya gesekan kanvas piston yang berpengaruh, namun juga kaliper pada rem.

            5. Tidak Ada Perawatan

    Apabila Anda jarang merawat komponen pengereman, maka bersiaplah menghadapi bermacam masalah. Sebab hal ini bisa membuat Anda lupa mengisi minyak rem, atau bahkan tidak paham jika kanvas aus atau rusak.