Berita

    Featured Image

    Apa Itu Wax Mobil? Ketahui Ini Fungsi dan Jenisnya!

    Wax mobil merupakan salah satu alat untuk perawatan mobil Anda. Saat ini, wax cukup banyak dijumpai di pasaran dan mudah didapatkan. Biasanya memang dipakai untuk memberikan perlindungan pada permukaan mobil Anda. 

    Terdapat beberapa jenis wax dengan fungsinya yang berbeda-beda. Di sini akan dibahas apa saja jenis wax dan fungsinya bagi kendaraan Anda. Simak sampai bawah!

    Fungsi Wax Mobil yang Harus Anda Ketahui

    Mencuci mobil secara rutin saja tidak cukup, agar mobil selalu terjaga dan tetap mengkilap, mulus serta kinclong, sesekali Anda perlu melakukan wax pada mobil Anda. 

    Wax terbuat dari lapisan sintetis dengan bahan dasar carnauba wax, natural oil, petroleum distillates dan beeswax. Wax yang dilapiskan di mobil akan menjaga kilaunya dan warna cat juga jadi lebih tahan lama. Selain itu, apa saja fungsi wax untuk mobil Anda? Simak di sini!

    • Menghilangkan Goresan

    Wax mobil adalah solusi untuk gores atau baret di bodi mobil! Jadi, jika terdapat goresan pada bodi mobil, Anda bisa mengatasinya dengan melapiskan wax. Bahkan kadang goresan meski tipis akan tetap mengganggu keindahan mobil Anda. 

    Untuk menyamarkan bahkan menghilangkan goresannya, Anda bisa mengoleskan wax di bodi mobil Anda.

    • Melindungi Bodi Mobil dari Kotoran

    Apabila Anda sering menggunakan mobil di musim hujan maka bisa membuat cat jadi luntur. Bahkan warnanya juga menjadi kusam. Tapi jika Anda mengaplikasikan wax, tampilannya jadi lebih terjaga dan tetap mengkilap. 

    Selain itu, bisa melindungi mobil Anda dari kotoran berupa tar, garam, korosi ataupun hujan asam. Sehingga bodi mobil jadi lebih awet.

    • Proteksi Bodi dari Sinar UV

    Ketajaman warna cat bodi mobil bisa alami penurunan, maka untuk menjaganya agar lebih terproteksi dari sinar UV bisa dengan mengoleskan wax di bodi mobil.

    Jenis-jenis Wax Mobil

    Berikut ini adalah jenis wax yang bisa Anda gunakan untuk kendaraan Anda. Selain itu, wax juga biasanya dalam wujud yang bubuk, cair, bisa dituang atau disemprot. Cek di bawah ini!

    • Wax Carnauba

    Jenis yang satu ini tergolong relatif mahal apabila dibandingkan dengan jenis yang lainnya. Bahkan cukup sulit untuk bisa mendapatkannya di toko-toko. Bahan lilinnya terbuat dari palem jenis Carnauba dan hanya hidup di Brazil saja. 

    Proses produksinya juga butuh waktu yang panjang. Ketahanan wax ini akan sinar UV dan air termasuk tinggi. Selain itu juga sudah dilengkapi dengan ciri yang hypoallergenic.

    • Wax Polymer